Jump to content

Industri 4.0 dunia perbisan


Recommended Posts

Spoiler

image.png.c7761b21b9b71d4b8f6715b8ca87e6d2.png ada yg mau iseng scan ini?

 

Kalian yg tech savvy pasti ngga asing dong sama istilah industri 4.0. Afaik nih ya, industri 4.0 itu otomasi dengan pertukaran informasi atar perangkat keras, yg melibatkan cloud dan internet. Jelasnya di wikipedia ini nih.

Btw nih, kalo kalian punya ide soal otomasi di dunia perbisan apa sih yg pengen kalian aplikasikan? Ya ngomongin bis tanpa driver manusia rasanya masih di depan banget deh. Sebenernya dari segi ticketing yg udah online itupun bagiku keren lho. Bagi penggemar tiket sampul rasanya kalian harus bekerja keras lagi mengkoleksinya, karena lambat laun pasti jadi tiket selembar atau berbentuk pdf yg  di email. Di tiket itu cuma ada QR code yg isinya lengkap. Dari tiket yg ber QR itu sebenernya bisa dikembangkan lg kok. Misalnya disesuaikan dengan nomor seat yg dipesan, jadi penumpang ga bisa duduk seenaknya. Atau dihubungkan dengan nomor hp, jadi kalo lagi istirahat makan, trus kalian makannya lama sedangkan bis udah mau berangkat, ada pemberitahuan di hpnya. Lebih ok lagi klo di hp kru bisa memantau posisi penumpangnya berdasarkan tiket tersebut.

Eh, bantuin berangan-angan dong.. reply ya dengan harapanmu tentang teknologi yg mempermudah dunia perbisan 

Link to post
Share on other sites

Kalau yang aku tau ada pengembang sistem tiketing yang udah jalan itu tempat duduknya ada sensornya.

Jadi tau tempat duduknya diduduki apa engga tujuannya biar kantor tau kalau supir engga ngompreng.

Dulu taunya waktu acara Hino,kalau ga salah namanya Ibos.

Dia itu berbeda dengan sistem Redbus, karena dia tidak jualan tiket tapi kasi sistem ke operator yang nantinya operator dapat menghubungkan penjualan tiket secara realtime ke beberapa pihak ketiga via API.

 

 

 

Link to post
Share on other sites
×
×
  • Create New...

Important Information

Sebaiknya baca Terms of Use dan Privacy Policy