Jump to content

Recommended Posts

Jumat (26/3/2021) lalu pemerintah resmi melarang mudik lebaran 2021. Sebuah statement yang mengejutkan dari pemerintah. Secara resmi mengejutkan, tapi bukan rakyat Indonesia kalau patuh, taat dan disiplin. Selalu punya celah, kreatifitas dan menyikapi larangan menjadi tantangan.

Larangan mudik itu berlaku dari tanggal 6-17 Mei 2021, sebelum dan sesudah tanggal itupun ada himbauan untuk tidak melakukan kegiatan ke luar daerah kecuali urgent.

Implementasi di lapangannya bagaimana? Apakah pihak terkait mengecek semua manifes penumpang kapal laut, pesawat terbang dan angkutan darat? Lalu mereka memakai dasar penentuan apa penumpang tersebut mudik atau perjalanan urgent? Apa iya kalau penumpang yg membawa kotak kardus bekas mie instant itu sudah bisa dikategorikan mudik? Kan ya belum tentu juga.

Saya rasa ini rancu, dan menimbulkan sisi illegal di transportasi. Saya yakin meskipun katakanlah bus dilarang beroperasi, pasti nanti ada mobil plat hitam menjajakan diri. Dengan tarif dan layanan bersaing. Dan sayangnya tanpa aturan, mungkin juga tanpa pedoman keselamatan seperti bus. Susah kan kalau berurusan dengan rakyat +62?

Lalu apa kompensasi pemerintah pada moda transportasi yg seharusnya mengeruk untung dikala sesi mudik? Belum ada sampai sekarang statement yg menjelsakan hal itu. Owner mungkin masih bisa bernafas, ya.. walaupun banyak yg sudah ngos-ngosan memanage keuangan perusahaannya. Tapi coba turun sampai bawah, disana ada agen tiket, supir, dan kernet yg semakin tergencet.

Link to post
Share on other sites
1 hour ago, Mandor Forum said:

Sepertinya harus gigit jari lagi bro.. padahal udah di harap banget sama operator, agen dan bagi-bagian yang terkait.

 

Ya... tidak ada mudik semoga covidnya ya segere beres aja. 

Pandemi ini soal kesadaran kok. Mau dilarang model apapun itu kembali ke pribadi masing2.
Dan rakyat +62 masih punya magic word = HALAH

Link to post
Share on other sites
13 hours ago, H3121S said:

Pandemi ini soal kesadaran kok. Mau dilarang model apapun itu kembali ke pribadi masing2.
Dan rakyat +62 masih punya magic word = HALAH

Emang kaya circle aja bro.. mau dilarang kaya apa sebenernya juga tidak akan membuat orang paham.. yang ada nanti malah nekat 😂😂😂

Link to post
Share on other sites
×
×
  • Create New...

Important Information

Sebaiknya baca Terms of Use dan Privacy Policy